Fitur Kasir Online untuk UMKM di Indonesia

ホーム フォーラム 掲示板 Fitur Kasir Online untuk UMKM di Indonesia

  • このトピックには0件の返信、1人の参加者があり、最後にdyanmattson634により6ヶ月、 3週前に更新されました。
1件の投稿を表示中 - 1 - 1件目 (全1件中)
  • 投稿者
    投稿
  • #7209 返信
    dyanmattson634
    ゲスト

    Pemilik bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) memiliki banyak pe-er untuk dikerjakan; diantaranya mengurus persediaan, melakukan pemasaran, mengelola laporan penjualan, dan masih banyak lagi. Karena itu, menggunakan metode manual untuk memproses semua kegiatan itu menjadi hal yang membuang waktu. Jika pemilik bisnis tidak efisien dalam proses manajemen persediaan dan laporan keuangan, ia bisa kehilangan peluang lain untuk mengembangkan bisnisnya.
    Solusi dari permasalahan diatas adalah sistem point-of-sales (POS) atau aplikasi kasir toko. Ini adalah alat paling hebat untuk mengelola semua kebutuhan usaha kecil atau menengah (UKM).
    Aplikasi kasir toko adalah salah satu sistem software lengkap untuk bisnis yang mencakup penjualan, inventaris, penghitungan stok, pemesanan vendor, info loyalitas pelanggan, dan modul pelaporan. Termasuk juga catatan purchasing, pembuatan barcode, pembukuan bahkan kemampuan akuntansi. Seluruh fitur tersebut saling berkaitan, tersedia dalam satu aplikasi, dan praktis untuk para pemilik bisnis yang ingin memaksimalkan usahanya.
    Namun, menemukan aplikasi kasir toko atau sistem POS yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda bukanlah hal yang mudah.
    Faktanya, 56 persen pemilik toko kelontong masih belum memiliki aplikasi kasir toko atau sistem POS. Ini menunjukkan bahwa UKM masih ragu untuk mengadopsi teknologi baru.

    Dengan menerapkan fitur-fitur ini, retailer atau pemilik bisnis UKM dapat menyingkirkan pekerjaan manual dan membosankan, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu dan sumber daya untuk fokus pada pertumbuhan bisnis mereka. Misalnya, meningkatkan kepuasan pelanggan dan menarik pelanggan baru.

    1. Manajemen Inventori
    Manajemen inventori membantu Anda untuk melacak informasi lengkap persediaan stok Anda, baik yang dipajang atau di gudang.
    Mengapa Anda memerlukannya?
    Mengelola persediaan adalah hal penting yang berkontribusi langsung pada keberhasilan toko Anda. Fitur manajemen inventori mampu memberi Anda akses langsung dan cepat ke persediaan stok. Dengan hal ini, Anda dapat melakukan efisiensi persediaan dan tidak perlu repot menghitung barang secara manual.

    Bagaimana cara kerjanya?
    Fitur ini mampu mengidentifikasi dan men-tracking barang hingga spesifikasi tertentu — seperti ukuran, harga, dan warna — memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren di toko dan memastikan bahwa produk-produk terlaris selalu tersedia di gudang.
    Hal ini memudahkan untuk memantau dan memasok barang-barang best seller toko Anda, serta untuk menandai produk-produk yang tidak laku untuk segera ditangani.

    2. Point of Sale
    Point of Sale, secara harfiah artinya titik dimana penjualan dilakukan. Ini adalah sistem di mana pelanggan Anda melakukan pembayaran untuk barang atau jasa yang dibeli dari perusahaan Anda.
    Sistem POS terdahulu tidak lebih dari tanda terima tertulis berbentuk nota, tetapi pemilik bisnis sekarang lebih memilih sistem POS elektronik. Sistem ini merampingkan proses penjualan, serta memungkinkan pemilik bisnis untuk mengumpulkan data penjualan yang lebih akurat. Sistem POS standar mungkin tidak lebih dari satu mesin kasir dan software yang diperlukan untuk mengumpulkan data penjualan. Ini dapat dimaksimalkan dengan menambahkan lebih banyak hardware, seperti pemindai barcode dan pembaca kartu, atau seperangkat software tambahan.
    Kebanyakan sistem POS modern saat ini tidak hanya menerima dan melacak penjualan. Tapi juga ditambah dengan fitur laporan tambahan, seperti produk mana yang paling laris atau di jam berapa banyak pelanggan datang.
    Mengapa Anda memerlukannya?
    Sistem POS menghemat waktu dengan mengotomatisasi pekerjaan-pekerjaan repetitif seperti perhitungan harga atau pencarian barang. Sistem POS otomatis ini mengurangi potensi human error dan Anda tidak perlu merepotkan diri dengan pencatatan/pelacakan manual nota-nota transaksi.
    Customer experience adalah pintu masuk bagi pemilik usaha untuk memenangkan pasar, sistem mobile POS adalah cara paling mudah untuk menyenangkan customer.

    Menurut penelitian, 20 persen dari perusahaan ritel kecil menyukai sistem POS berbasis tablet. Beberapa manfaat utama dari sistem mobile POS meliputi:
    Sistem pembayaran fleksibel: Sistem POS dapat menerima pembayaran dalam berbagai metode pembayaran, tunai maupun digital.
    Meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience): Dengan sistem POS, Anda dapat mempercepat waktu transaksi, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.
    Akses dari mana saja: Mobile sistem POS membuat Anda dapat memantau kinerja toko Anda dari mana saja, kapan saja. Sehingga Anda tidak perlu berjaga seharian di depan kasir dan dapat melakukan hal lain untuk mengembangkan bisnis.
    Mudah diatur dan digunakan: Aplikasi Android, Okeo — Aplikasi Kasir, mudah diatur sesuai kebutuhan bisnis Anda. Karena mudah digunakan, Anda atau karyawan Anda tidak butuh waktu lama untuk menguasainya.
    Bagaimana cara kerjanya?
    Misalnya, Anda adalah pemilik kedai kopi yang akan membuka kedai dalam dua minggu. Anda melakukan kegiatan promosi dengan gencar, list menu telah dibuat semaksimal mungkin untuk memuaskan customer yang datang. Bagaimana Anda membayangkan hari pertama pembukaan kedai?
    Apakah bagian kasir kedai menerima pesanan dengan sistem manual dan akhirnya ada antrian panjang hingga keluar pintu? Semoga saja tidak.
    Memiliki sistem POS modern atau aplikasi kasir gratis kasir toko menghemat waktu Anda untuk menjalankan bisnis dengan efektif dan efisien, tidak hanya mencatat transaksi penjualan namun juga melacak inventaris, menjalankan laporan penjualan, dan banyak lagi.

1件の投稿を表示中 - 1 - 1件目 (全1件中)
返信先: Fitur Kasir Online untuk UMKM di Indonesia
あなたの情報: